Search and Hit Enter

Ngadiyo

NGADIYO lahir pada 11 Maret 1984 di Kebumen. Menempuh pendidikan dasar dan menengah di Kebumen. Kemudian kuliah D3 Bahasa Inggris di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengambil jurusan S1 Sastra Inggris. Ia mulai menulis catatan mengajar ketika menjadi guru di SMP N 1 Selo-Boyolali yang terletak di kaki gunung Merapi pada 2009. Catatan mengajar itu menjadi souvenir atau kenangan mengajar. Selain mengajar SMP, juga mengajar Bahasa Inggris di beberapa lembaga pendidikan dan kampus di wilayah karisidenan Surakarta. Selain mengajar ia tekun menulis resensi, puisi, esai, cerpen, novel dan buku non-fiksi.

Dari ketekunannya telah terbit beberapa buku karyanya: How to Handle Masturbation “Tips Aman Dapatkan Kenikmatan Abadi” (2010), Kumpulan Puisi ‘Bulan Sabit Petang Hari’ (2013), Enjoy English: Asyiknya Belajar Bahasa Inggris (2013), How to Speak English Fluently: Cara Ngomong Inggris dengan Lancar (2014), Bahagia Bersamamu (2015), You Smile I Smile: Menguak Senyuman Meraih Kebahagiaan (2016), Diplomasi Cinta: kumpulan cerpen (2016), Buah Segar Pendidikan: kumpulan esai (2017), Dari Kebumen ke Purwokerto: Memoar Inspiratif Anak Desa Meraih Pendidikan (2017), Tuhan, Saya Ingin Bahagia (2017). Berjumpa Rangga sebuah novelet (2018), Souvenir Mengajar: Memoar Inspiratif Guru Bahasa Inggris dari Desa yang Mengajar Sekolah Dasar hingga Profesor (2018), Eduleadership M. Furqon Hidayatullah Berkarakter Kuat dan Cerdas (2019).

Tulisan-tulisannya yang sebagian besar bertema pendidikan telah dimuat di Jawa Pos, SOLOPOS, Kendari Pos, Bali Pos, Radar Surabaya, Suara Merdeka, Republika, Gagas Media, Buletin Sastra Pawon, Edaran Ora Weruh dan Bukulah.

Meraih juara nasional Sayembara Menulis Kisah Disabilitas (2014) dengan judul cerpen Langkah Tak Sempurna dan diterbitkan oleh GagasMedia.

Saat ini ia bergiat di Pawon Sastra dan Bilik Literasi, mengajar Bahasa Inggris di beberapa perusahaan dan kampus di Surakarta untuk program: Bahasa Inggris Percakapan, TOEFL, IELTS, English for Presentation at International Conferences, mengelola Penerbit dan Toko Buku DIOMEDIA, sebuah penerbit dan toko buku independen, sembari terus menggeluti menulis dan berdagang buku.

Bukunya yang segera terbit “The Book Store Traveler”.

 

Facebook: Ngadiyo

IG: Ngadiyo_Official

IG: dio_media