Search and Hit Enter

Murti Bunanta

Murti Bunanta adalah Doktor pertama dari Universitas Indonesia yang meneliti sastra anak-anak sebagai topik disertasi. Penelitian mengenai sastra anak-anak sudah dirintisnya sejak mengambil Sarjana Sastra dan Gelar Magister, juga di Universitas Indonesia.

Selain itu, Murti Bunanta banyak menghasilkan tulisan (lebih dari 200 buah) mengenai sastra anak-anak untuk penelitian, makalah, untuk berbagai media massa di Indonesia dan jurnal ilmiah di luar negeri. Sampai tahun 2012 sudah lebih dari 144 kali menjadi pemrasaran/ pemakalah dan panelis pada seminar dan lokakarya mengenai sastra anak, kebudayaan anak, mendongeng dan dongeng, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, antara lain : Thailand, Malaysia, Singapura, Australia, China, Makau, Afrika Selatan, Jepang, India, Laos, Iran, Spanyol, Denmark, Korea, Inggris.

Murti Bunanta juga pendiri dan ketua Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA-Sejak 1988), Society for the Advancement of Children’s Literature (SACL-Sejak 1988), dan Indonesian Board on Books for Young People (INABBY-Sejak 1990), organisasi nir-laba yang merupakan pelopor dalam berbagai kegiatan untuk memajukan bacaan anak di Indonesia.

Selain menulis dua buku mengenai Literatur Anak pada tahun 1997 dan 2004, Murti Bunanta juga menulis buku untuk anak. Bukunya yang pertama berjudul Si Bungsu Katak (1998) (dwibahasa – Indonesia dan Inggris) mendapat hadiah internasional dari Polandia, The Janusz Korzcak International Literary Prize. Pada tahun yang sama, Murti Bunanta juga menerima Piagam Penghargaan dari Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Republik Indonesia, Bapak Marzuki Usman (1998). Empat puluh dua buku lainnya telah terbit tahun 2001, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, dan 2009. Pada tahun 2003 terbit pula karyanya berjudul Indonesian Folktales berupa kumpulan cerita rakyat dalam bahasa Inggris untuk penerbit Amerika.