Search and Hit Enter

Gemala Hatta

 

Dr. Dra. Gemala Rabi’ah Hatta, MRA., M.Kes. (lahir di JakartaDKI JakartaIndonesia2 Maret 1952; umur 66 tahun) adalah putri kedua dari mantan Wakil Presiden RI yang pertama, Mohammad Hatta dan Rachmi Hatta.

Kegiatan Gemala di dalam dan luar negeri, di antaranya, sejak tahun 1976 sampai sekarang memberi pelatihan/ seminar/ pembicara seputar manajemen rekam medis (MIK). Prestasi yang sudah diraih yaitu merintis pengembangan pendidikan manajemen rekam medis di Indonesia. Bermula dengan mendirikan sekolah D-3 Medical Record (Rekam Medis) 1989 dan kini sudah 42 program di D-3, S-1 di berbagai provinsi di Indonesia. Tahun 1978-1986 mendirikan berbagai Bagian Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di RS Kusta, Harapan Kita, Islam Cempaka Putih, dan Sarjito Yogyakarta. Sistemnya sudah menyebar ke seluruh rumah sakit di Indonesia. Sejak 1978 sampai sekarang mengadakan berbagai pelatihan di bidang manajemen informasi kesehatan (rekam medis). Mendirikan Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia, dan 1989-1999 sebagai Ketua Umum. Tahun 1970-an memperbaiki organogram struktur rumah sakit di Indonesia pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sehubungan dengan masuknya unit kerja rekam medis (MIK) di rumah sakit se-Indonesia. Membantu proses terbitnya jabatan fungsional Perekam Medis di Departemen Kesehatan yang disahkan oleh Kementerian Penertiban dan Aparatur Negara untuk seluruh praktisi rekam medis (manajemen informasi kesehatan) di Indonesia. Menciptakan lapangan kerja baru tenaga kesehatan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia. Menerbitkan beberapa buku pedoman untuk bidang keilmuan ini, yakni “Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan”. Penghargaan Internasional

Penghargaan internasional yang diterimanya adalah Merit Award International Federation on Health Records Organization (IFHRO), Dallas, AS (1989). Co-writer untuk 2 modul sirkulasi dunia. WHO: “Development of simple record systs. For Primary Health Care”-pedoman untuk negara berkembang (joint project WHO-IFHRO code V 30/1982) (1982-1987). Membuat 3 dari 9 modul package program pelatihan rekam medis untuk negara berkembang (joint project WHO-IFHRO) (1982-1986).