Search and Hit Enter

KOTA PALING BANYAK MEMBACA DI DUNIA

Oleh: Joko Santoso,

The Future of Jobs Report 2018 oleh World Economic Forum menunjukkan pada tahun 2022 permintaan keterampilan akan bergeser ke arah keterampilan yang dapat dipupuk melalui membaca. Membaca buku dapat dilakukan dengan cara membeli buku di toko-toko buku maupun meminjam  di perpustakaan. Lebih efektif dan efisien, membaca dilakukan dengan meminjam buku di perpustakaan. Selain jumlah ketersediaan buku lebih beragam dan banyak, hal tersebut dapat melatih kita agar bersegera menyelesaikan membaca suatu buku. Sebab ketika meminjam buku di perpustakaan,  kita memiliki masa pinjam tertentu.

Belum lama, The World Economic Forum merilis data 12 kota di dunia yang memiliki jumlah peminjam buku di perpustakaan paling tinggi. Data ini dikumpulkan oleh World Cities Culture Forum.
Urutan 1 Tokyo. Setiap tahunnya, 111,9 juta buku di perpustakaan Tokyo dipinjam oleh penduduk.Sedang Tokyo yang hanya memiliki  sekitar 14,1 juta jiwa. Adapun perpustakaan besar yang ada di Kota Tokyo antara lain, Tokyo Metropolitan Central Library, Akasaka Library, hingga Shinjuku-ward OkuboLibrary.

Urutan 2 Shanghai. Setiap tahunnya, 86.2 juta buku di perpustakaan Shanghai dipinjam oleh penduduk.The Shanghai Library merupakan perpustakaan terbesar di kota ini, bahkan dunia, tingginya 106 meter.

Urutan 3 New York. Setiap tahunnya, 56.3 juta buku di perpustakaan New York dipinjam oleh penduduk.Di kota New York banyak sekali berdiri perpustakaan-perpustakaan umum. Antara lain adalah perpustakaan umum di gedung Stephen A. Schwarzman, perpustakaan umum yang ada di Chatham Square Branch, hingga Perpustakaan Edenwald.Urutan

Urutan 4 Hongkong. Perpustakaan umum terbesarnya adalah Hong Kong Public Library. Di sana terdapat sekitar 11,36 juta buku. Jutaan buku lainnya juga tersedia di beberapa perpustakaan lain. Setiap tahunnya, 49,8 juta buku di perpustakaan Hongkong dipinjam oleh penduduk.

Urutan 5 Los Angeles. Berbagai perpustakaan besar terdapat di kota Angeltown ini, termasuk Los Angeles Central Library, Fairfax Branch Library hingga John C. Fremont Branch Library. Setiap tahunnya, 44,2 juta buku di perpustakaan Los Angeles telah dipinjam oleh penduduk.

Urutan 6 Singapore. Di Singapura, 33 juta buku di berbagai perpustakaan dipinjam oleh penduduk setiap tahunnya. Angka ini terhitung sangat mencengangkan dari jumlah penduduk di kota Singapura yang hanya mencapai 3,5 juta penduduk. Artinya, hampir setiap orang meminjam 10 buku per tahunnya.

Urutan 7 Moscow. Tiga perpustakaan paling keren di kota ini adalah Russian State Library, Moscow State University Lomonosov Scientific Library, dan Turgenev Library. Di kota ini 30,3 juta buku setiap tahunnya dipinjam oleh penduduk setempat.

Urutan 8 Toronto. Setiap tahun penduduk Tornoto memiliki antusiasme yang sangat tinggi dalam hal meminjam buku di perpustakaan. Setiap tahun 30,2 juta buku dipinjam oleh penduduk.

Urutan 9 Melbourne. Perpustakaan umum yang ada di Kota Melbourne antara lain, State Library Victoria, The Little Library hingga City Library. Setiap tahunnya 29,1 juta buku dipinjam oleh penduduk setempat.

Urutan 10 Paris. Paris termasuk salah satu kota dengan jumlah peminjam buku di perpustakaan tertinggi di dunia. setiap tahunnya terdapat 28,3 juta buku yang dipinjam oleh penduduk setempat.

Urutan 11 Seoul. Tiga perpustakaan terbaik di kota ini antara lain adalah Seoul Metropolitan Library, Jeongdok Public Library serta National Library of Korea. Selain gemar mendengarkan musik, penduduk Seoul juga gemar membaca buku. Hal ini dibuktikan dengan 26 juta buku setiap tahun yang dipinjam penduduk Seoul dari berbagai perpustakaan.

Urutan 12 London. Terdapat banyak perpustakaan umum besar di kota ini, beberapa di antaranya adalah Westminister Reference Library, Kengsington Central Library, dan Bethnal Green Library. Setiap tahunnya sebanyak 25,8 juta buku dipinjam oleh penduduk setempat.

Saya yakin ke depan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta atau Makassar akan menyusul menjadi kota terbanyak pembaca buku di perpustakaan. Tetap semangat, salam literasi….!

Sumber: Times, 19/8/19

No Comments

Leave a Reply