Search and Hit Enter

‘Buku PKI’

Oleh: Imran Hasibuan

Setiap kali September datang, saya teringat tentang buku ini, serta cerita dibalik proses penulisannya. Inilah buku perdana dari program “Buku-Cepat” yang digagas Institut Studi Arus Informasi (ISAI)– lembaga yang didirikan tak lama pembredelan pers 1994.

Suatu kali, pertengahan 1995 (mungkin Agustus atau September), saya diberitahu sekaligus diajak Tosca Santoso (saat itu masih pakai nama Santoso Ishak) bahwa akan menulis sebuah “buku cepat” dengan tema Peristiwa G 30 September 1965. Ketika itu Santoso dan saya, juga Ayu Utami, masih bekerja di majalah Forum Keadilan.

Ajakan itu, tentu saja, saya iyakan karena beberapa hal. Pertama, konsep “buku-cepat” ternyata berbasis kerja jurnalistik, seperti membuat laporan utama panjang. Kedua, temanya sudah familiar, sebab hampir selalu dalam laporan utama majalah FORUM yang mengangkat tema peristiwa ini, saya ikut terlibat reportase dan menulis. Ketiga, honornya lumayan untuk masa itu.

Singkat kata, proses penyusunan buku ini memang berlangsung cepat. Cetakan pertama sudah terbit Desember 1995. Dan edisi revisi dan dilengkapi terbit Maret 1996. Selain Santoso dan saya, yang terlibat dalam tim buku ini: Stanley Adi Prasetyo, almarhum Togi Simanjuntak, Rawanda Wandy Tuturoong (masih pakai nama Wandy), Titi Irawati Supardi (pakai nama Titi), dan Herly Moenara.

Dan hanya beberapa minggu setelah edisi revisi terbit, alhamdulillah…buku ini dilarang beredar oleh Kejaksaan Agung RI.[]

No Comments

Leave a Reply