Search and Hit Enter

Makna Literasi

Oleh: Hendrajit

Menurut UNESCO, kemampuan literasi baca-tulis merupakan titik pusat kemajuan. Kemampuan literasi baca-tulis telah menjadi prasyarat partisipasi bagi pelbagai kegiatan sosial, kultural, politis, dan ekonomis pada zaman modern.

Pengertian Literasi Baca-tulis

Global Monitoring Report Education for All (EFA) 2007: Literacy for All menyimpulkan bahwa kemampuan literasi baca-tulis berfungsi sangat mendasar bagi kehidupan modern karena kemampuan literasi baca-tulis adalah langkah pertama yang sangat berarti untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Pengertian Literasi baca-tulis adalah kemampuan untuk memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat, dan menggunakannya untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri serta menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan dengan susunan yang baik untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Mengapa membaca dan menulis itu penting?
Alasan kegiatan membaca dan menulis dianggap penting.

*Sebagai kunci mempelajari ilmu pengetahuan
*Meningkatkan kemampuan berbahasa dan *memperkaya kosakata
*Meningkatkan kreativitas dan imajinasi
*Meningkatkan empati
*Meningkatkan konsentrasi dan fokus
*Mengurangi stres
*Mengembangkan minat pada hal-hal baru
*Sebagai hiburan
*Proses berliterasi baca-tulis

*Proses berliterasi baca-tulis
*Membaca dan menulis bersuara,
*Membaca dan menulis terpandu,
*Membaca dan menulis bersama,
*Membaca dan menulis mandiri
*Literasi Baca

Langkah-langkah yang dilakukan pembaca yang baik

*Mengamati
  Perhatikan halaman depan
  Baca judul dan beberapa kalimat dari buku
*Menanyakan
  Bertanya tentang apa, siapa, kapan, di mana,                   mengapa, bagaimana
*Apakah isi buku tersebut masuk akal?
*Memprediksikan
  Apa yang akan terjadi selanjutnya?
*Menyimpulkan
  Apa maksud/pesan yang ingin disampaikan     oleh penulis?
*Menghubungkan
  Apa kaitan isi bacaan ini dengan kehidupan   nyata?
  Adakah persamaan/perbedaan buku ini  dengan buku sejenis yang pernah dibaca?
*Merangkum
  Apa saja topik utama dari bacaan?
  Apa simpulan dari isi bacaan ini?
*Mengevaluasi
  Apa yang dapat dipelajari dari bacaan?
  Bagian mana yang paling berkesan?
*Memilih Bacaan yang Tepat

0 s.d. 2 tahun
Buku terbuat dari bahan yang aman dan tidak mudah sobek, misalnya buku bantal dan buku dengan kertas tebal (board book)
Buku dengan gambar yang besar dan warna yang cerah, tentang benda yang sudah dikenal

3—5 tahun
Buku pop up tiga dimensi
Cerita singkat tentang fabel atau pengalaman menyenangkan yang selesai dibaca sekali duduk

6—8 tahun
Buku cerita dengan kata-kata berima
Buku cerita bergambar dengan alur yang kuat dan karakter tokoh yang berkembang

Di atas 9 tahun
Melibatkan anak untuk memilih buku sendiri dengan mempertimbangkan hal-hal berikut
Apa tujuan membaca buku ini?
Apakah buku ini menarik?
Apakah isi buku ini dapat dipahami?
Literasi Tulis

Tidak hanya membaca, menulis juga penting. Menulis bisa tentang apa saja. Misalnya:

Bagaimana ketika hari pertama masuk sekolah?
Apa kejadian paling memalukan yang pernah dialami?
Apa yang akan dilakukan saat liburan nanti?
Apa yang akan dilakukan ketika melihat teman bersedih?
Mengapa pelangi muncul setelah hujan?
Kalau bisa keliling dunia, tempat manakah yang akan dikunjungi?
Siapakah tokoh terkenal yang ingin ditemui?
Dll.
Gerakan Literasi Baca-tulis Nasional

Gerakan Literasi Baca-tulis Nasional
DI SEKOLAH

Membaca sejumlah buku dalam waktu tertentu
Menuliskan hal-hal menarik dari buku yang dibaca
Membuat kelompok diskusi buku
Membuat perpustakaan di kelas
Mengundang orang tua, sastrawan, atau pegiat literasi untuk membacakan buku di sekolah
Mengadakan konferensi penulis muda
Mengundang penulis atau sastrawan untuk bercerita tentang proses menulis yang mereka alami
Dan lain-lain
DI MASYARAKAT

Mendongeng di taman kota
Mengadakan festival literasi
Membentuk kampung literasi
Menyediakan pojok baca di tempat umum, seperti halte bus, kereta, ruang tunggu bandara, dan kantor-kantor pelayanan masyarakat
Dan lain-lain
DI RUMAH

Membacakan buku kepada anak sejak dini
Membuat jadwal membaca bersama
Melakukan permainan edukatif, seperti scrabble, teka-teki, monopoli, ABC 5 Dasar
Menulis surat kepada teman atau keluarga
Menuliskan kejadian-kejadian menarik yang dialami keluarga
Membuat perpustakaan keluarga dengan berbagai koleksi bacaan: buku, majalah, koran, komik
Menceritakan sejarah atau memori keluarga
Tamasya baca keluarga ke perpustakaan, taman bacaan, atau pameran buku
Memberikan buku sebagai hadiah
Dan lain-lain

No Comments

Leave a Reply